UKT, Sistem Tidak Jelas

Semarang, Warga FSM melalui perwakilan Himpunan Mahasiswa dan Unit Pelaksana Kegiatan membahas  isu  UKT  (Uang  Kuliah  Tunggal)  melaui  Diskusi  Terbuka  yang difasilitasi  oleh  Departemen  Kebijakan  Publik  BEM  FSM  Undip  Senin  (25/3).  Diskusi terbuka bertempat di beranda sekretariat BEM FSM Undip. 

Yang menjadi masalah  pokok  dalam  pembahasan  isu  UKT  adalah  transparansi  dana  dari birokrasi  terkait dengan pengelolaan dana UKT yang cukup besar. “Kita mendukung semua kebijakan  Birokrasi  selama  kebijakan  itu memberikan  kemudahan  bagi  calon  adik-adik  di tahun 2013 ini. Yang disayangkan adalah Transparansi dari birokrasi yang kurang (tidak ada) sehingga  terkadang kebijakan keluar begitu saja  tanpa ada yang mengetahui. Maka dari  itu, dibutuhkan Transparansi dari birokrasi.” Ujar perwakilan Himpunan Mahasiswa Matematika, hal  ini  senada  dengan  pernyataan  dari  perwakilan  Himpunan  Mahasiswa  Statistika  yang mengatakan bahwa kita membutuhkan kejelasan mengenai transparansi dana secepatnya. Selain  itu,  besarnya  dana UKT  yang  dibebankan  tiap mahasiswa  per  semesternya menjadi salah satu faktor pendorong pro dan kontranya pemberlakuan UKT.  “Memang niat dari UKT itu  meringankan  beban  mahasiswa  tetapi  dilihat  dalam  konteks  UNDIP  sepertinya  UKT digunakan untuk menaikkan biaya kuliah (dalam awam terlihat seperti meringankan) padahal jika  diperhitungkan  lebih  lanjut  biaya  bisa  menjadi  lebih  mahal.”  Ungkap  perwakilan Himpunan Mahasiswa Informatika. 

Untuk menindak lanjuti masukan dari perwakilan HM dan UPK, Pansus UKT yang diwadahi oleh  Departemen  Dagri  BEM  KM  UNDIP  akan  melakukan  audiensi  dengan  birokrasi mengenai  transparansi dana UKT yang nantinya akan dipublikasikan kepada  seluruh warga FSM. 

Jika  tidak  mendapatkan  tanggapan  langkah  terakhir  yang  akan  dilakukan  adalah  Aksi. “Sebelum diadakan AKSI, kita harus memahami maksud dan tujuan (Goal Setting) dari aksi tsb. Menghindari mahasiswa yang hanya  ikut-ikutan dalam aksi.”  tutur Kepala Departemen KP BEM FSM.  Hidup Mahasiswa !! 

Share
This entry was posted in Berita Terkini, Kajian and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>